Pengaruh Faktor Individual dan Organisasional Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Hasanah Pekanbaru

Authors

  • Haniah Lubis Universitas Islam negeri Sultan Syarif kasim Riau

Keywords:

Faktor Individu, Faktor Organisasi, Motivasi

Abstract

Individual  and faktor organisasi memberikan motivasi bagi karyawan agar kinerja karyawan meningkat dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor individu dan faktor organisasi terhadap motivasi kerja karyawan PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Kabupaten Kampar dengan populasi 31 orang karyawan yang bekerja di PT. BPRS Hasanah Pekanbaru. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling (sensus), dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Faktor individu dan faktor organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi PT. BPRS Hasanah Pekanbaru dengan nilai F hitung lebih besar dari F Tabel (19,769 > 4,195) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,585 yang menunjukkan faktor individu dan faktor organisasi memberikan kontribusi terhadap motivasi sebesar 58,5%, sedangkan sisanya sebesar 41,5% diteliti dari variabel lain yang tidak diteliti. Faktor individu mempengaruhi motivasi. Semakin tinggi faktor individu seperti kompetensi yang dimiliki pegawai dan sesuai dengan tuntutan peran pekerjaan maka motivasi akan semakin meningkat. Selain itu, dukungan organisasi oleh instansi atau perusahaan berkualitas baik, sehingga semangat para pegawai tersebut tidak akan terhambat.

References

Andriani dan Widyawati. (2017). Penerapan Motivasi Karyawan Menurut Teori Dua Faktor Frederick Herzberg pada PT. Aristika Kreasi Mandiri. Akademi Sekretari Dan Manajemen Bisnis Insani, 5(1).

Anwar Prabu Mangkunegara. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama.

Arief Subyantoro. (2009). Faktor individu, Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi Dan Kepuasan Yang dimediasi Oleh Motivasi Kerja. Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 11–19.

Bayu, F., Handoyo, D.W dan Agung, B. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Produksi Bagian Jamu Tradisional Unit Kaligawe PT. Njonja Meneer Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia, 2(2), 1–12.

Hadari Nawawi. (2003). Manajemen. Gajah Mada University Press.

Hadari Nawawi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. UGM Press.

Handoko T. Hani. (1999). Manajemen. BPFE.

Haniah Lubis. (2021). Lembaga Keuangan Syariah. PT. Nasya Expanding Mangement.

Hariandja, M. T. E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo.

Kamaluddin. (1989). Manajemen. Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.

Ribhan. (2014). Hubungan Faktor individu Dengan Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus oada PT Chandra Superstore Tanjung Karang Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 91–110.

S Purnamasari, Ickhsanto Wahyudi, Eko Sudarmanto, Madona Khairunisa, Mega Ilhamiwati, Muhammad Zulfikar, Rozi Andrini, Rihfenti Ernayani, Haniah Lubis, M. M. (2023). Ekonomi Syariah. Global Eksekutif Teknologi.

Subur Wijaya. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan pada PT. Ivo Mas Tungal-Libo Estate Kecamatan Kandis Kabupate Siak. UIN Suska Riau.

Ulber Silalahi. (2003). Pemahaman Praktis Asas-Asas Manajemen. CV. Mundur Maju.

Winardi. (2001). Manajemen Perilaku Organisasi. PT. Raja Gafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Lubis, H. (2023). Pengaruh Faktor Individual dan Organisasional Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Hasanah Pekanbaru. JAWI : Journal of Ahkam Wa Iqtishad, 1(2), 61–71. Retrieved from https://naaspublishing.com/index.php/jawi/article/view/18

Issue

Section

Articles