Inovasi Pendidikan Islam pada Masa yang Akan Datang: Penggabungan Madrasah dan Sekolah Pilihan

Authors

  • Afdhol Rinaldi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Sekolah unggulan, Integritas, Model pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam menjadi pilihan masa depan, dan menjadi rujukan dalam mengembangkan potensi peserta didik dan embrio peradaban dunia, kemajuan peradaban Islam lahir dari pendidikan Islam yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam harus dikelola secara profesional, berbasis saintek dan berkualitas. Sistem pendidikan Islam mendesak untuk direformulasi sesuai dengan dinamika zaman, kebutuhan pasar, dan berbasis kearifan lokal, sehingga melahirkan ulama dan cendekiawan saintis yang unggul. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini mengambil lokasi di Kota Pekanbaru, dengan sampel SMUN 10 dan MAN 3. Hasil penelitian ini adalah integrasi sistem pendidikan, baik sistem pendidikan sekolah unggulan maupun sistem pendidikan Madrasah, relevan dilakukan sebagai upaya mencari model pendidikan Islam yang ideal dan riil di era globalisasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (1995). Falsafah Kalam di Era Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Publishing. Arcaro,

J. S. (2007). Mutu dalam Pendidikan: Sebuah buku panduan untuk penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Penerbitan.

Arifin, H. M. (2000). Kapita Selekta Pendidikan Umum dan Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Arismunandar. (2005). Manajemen Pendidikan: Peluang dan Ancaman. Makassar: Universitas Negeri

Makasar Publishing.

Azra, A. (1998). Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Logos Wacana Ilmu. Baharuddin, U. & Sri, M. (2011). Pendidikan Islam dalam Dikotomi: Historisitas dan Implikasinya terhadap

Masyarakat Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Penerbitan.

Bastian, A. R. (2002). Reformasi Pendidikan: Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan dalam Konteks Desentralisasi Sistem Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Lappera Pustaka Utama.

Bawani, I. (1993). Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Penerbit Al-Ikhlas.

Buchori, M. (1994). Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press, Penerbit.

Danim, S. (2006). Manajemen Sekolah Visi Baru: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara. Penerbitan.

Departemen Agama Republik Indonesia. (1985). Pedoman Pondok Madrasah. Jakarta: Dirjen, Bimbaga Islam. Penerbitan.

Dhofier, Z. (1990). Tradisi Madrasah: Studi Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES. Penerbitan. Faisal,

Y. E. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press. Penerbitan.

Getteng, A . R. (1997). Pembinaan Moral Dalam Pendidikan Islam: Pemuda, Perempuan, Pembangunan. Makassar: Yayasan Al-Ahkam. Penerbitan.

Ghazaly, B. (2000). Madrasah Pendidikan Berbasis Lingkungan Hidup. Jakarta: IKAPI. Penerbitan.

Juoro, U. (1996). Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Teknologi dalam Mendukung Industrialisasi dan Daya Saing Nasional, dalam Merebut Masa Depan. Jakarta: Amanah Putra Nusantara. Penerbitan.

Kuntowijoyo. (1994). Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Penerbitan. Madjid, N. (1997). Bilik-bilik Madrasah: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. Penerbitan.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos. Penerbitan.

Muchsin, H. B. & Wahid, H. A. (2009). Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: PT. Refika Aditama. Penerbitan.

Muhaimin. (2009). Paradigma Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Penerbitan.

Nata, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos. Penerbit.

Nata, A. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo & IAIN Jakarta. Penerbitan.

Nizar, H. S. & Syaifuddin, M. (2010). Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Penerbitan.

Prasojo, S. (1982). Profil Sekolah Berasrama (Boarding School). Jakarta: LP3ES. Penerbitan.

Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Pembentukan Karakter Terhadap Siswa Berasrama: Penelitian di Ma'had Darul Arqam Muhammadiyah Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 06(01).

Siradj, S. A. (1999). Masa Depan Madrasah: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi. Bandung: Pustaka Hidayah. Penerbitan.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Publishing. Tafsir, A. (2000). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Penerbit

Remaja Rosdakarya. Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Penerbitan.

Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Penerbitan. Trimantara, P. (2007). Sekolah Unggul: Antara Kenyataan dan Impian. Jurnal Penabur Pendidikan, 08(6), Penerbitan.

Wakhuddin. (1998). Tarmizi Taher: Menjembatani Umat, Ulama dan Umara. Bandung: Granesia, Publishing. Zarnuji. (1963). Ta'lim al Muta'allim. Kudus: Menara

Zuhri, S. (2002). Madrasah Reformulasi Kurikulum, dalam Ismail SM, Nurul Huda, dan Abdul Khalik (editor). Dinamika Madrasah dan Madrasah. Yogyakarta: IAIN Walisongo Semarang & Pustaka Yogya, Publishing.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Rinaldi, A. (2023). Inovasi Pendidikan Islam pada Masa yang Akan Datang: Penggabungan Madrasah dan Sekolah Pilihan. JAWI : Journal of Ahkam Wa Iqtishad, 1(1), 33–41. Retrieved from https://naaspublishing.com/index.php/jawi/article/view/15